Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

Cara Membuat Slime Dengan Lem Fox Tanpa Borax

Selain lem UHU dan lem Povinol, dalam membuat slime kita juga bisa menggunakan lem FOX sebagai salah satu bahan utama. Slime yang dibuat dari bahan lem FOX sendiri biasanya memiliki kualitas yang baik. Meski kenyal dan stratchy, slime tersebut sering kali bebas dari rasa lengket. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat slime dari bahan ini, silakan simak pembahasan yang telah kami buat tentang cara membuat slime dengan lem fox berikut ini lengkap dengan tips, trik, dan resep komposisi setiap bahannya.

Cara Membuat Slime Dengan Lem Fox

Selain bebas dari rasa lengket, slime yang dibuat dari bahan lem FOX biasanya tidak membutuhkan slime aktivator dalam proses pembuatannya. Penggunaan borax sebagai salah satu slime aktivator yang bisa membahayakan -terutama bagi si kecil, pada cara membuat slime dengan lem FOX bisa diakali dengan menggantinya menggunakan obat tetes mata insto. Selain itu, bagi Anda yang ingin membuat slime bening yang bebas tepung, penggunaan lem FOX sebagai bahan utama slime juga merupakan salah satu solusinya.

Oke, sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat slime dengan lem FOX, perlu juga Anda ketahui apa sebenarnya lem FOX itu sendiri. Ya, lem FOX adalah sebuah merk lem kertas dan lem kayu yang dapat dengan mudah diperoleh di toko bangunan atau toko ATK. Harganya sendiri relatif murah. Untuk satu wadah berat 350 gram, lem ini biasanya hanya dijual seharga Rp. 8.000 sd Rp. 10.000. Cukup murah untuk membuat slime yang berkualitas tinggi. Lem FOX sendiri ada 2 jenis, yaitu lem FOX putih dan lem FOX kuning. Anda bisa menggunakan salah satu dari kedua jenis lem tersebut

Setelah Anda bisa memperolehnya, langkah selanjutnya mari kita pelajari bagaimana tahapan membuat slime dengan lem FOX dan resep-resepnya.


1. Membuat Slime Dengan Lem Fox Tanpa Borax

Yang pertama adalah cara membuat slime dengan lem FOX tanpa Borax. Cara ini sangat tepat digunakan bagi anak-anak karena lebih aman bahan kimia. Sebagai pengganti borax, kita menggunakan slime act (slime activator) dari bahan obat tetes mata insto.

Untuk bahan-bahannya sendiri kita membutuhkan 3 sdm lem FOX putih, 8 tetes insto, baking powder 1 sdm, baby oil ¼ sdm, sabun cair atau sabun cuci piring merk Sunlight ¼ sdm, pewarna makanan, dan air 3 sdm. Setelah semua bahan siap, selanjutnya ikuti langkah berikut:
  1. Siapkan wadah yang bertutup, bisa toples atau tupperware, kemudian masukan lem fox, baking powder, dan air ke dalam wadah.
  2. Aduk semua bahan tersebut lalu tambahkan obat tetes mata insto, pewarna secukupnya, serta sabun cair.
  3. Aduk kembali terus menerus hingga adonan terlihat semakin kalis dan kenyal.
  4. Tekan adonan dengan jari, jika dirasa masih kurang kenyal, tambahkan lagi obat tetes mata dan sabun cair sedikit demi sedikit sampai tingkat kekenyalan sesuai keinginan Anda.
  5. Agar tidak lengket, tambahkan baby oil ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata, setelah itu tutup wadah dan simpan adonan beberapa saat hingga mengembang dan slime pun siap dimainkan.

2. Membuat Slime Dengan Lem Fox Tanpa Insto

Resep kedua ini diperuntukan bagi Anda yang tidak punya borax atau insto sebagai slime activator di rumah. Slime activatornya sendiri bisa Anda ganti dengan pewangi pakaian seperti Molto atau Downy. Sementara bahan-bahan dan cara pembuatannya sama dengan cara membuat slime dengan lem FOX yang telah kami jabarkan pada poin pertama di atas. [Baca Juga : Cara Membuat Slime dengan Shampoo]

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan resep dan cara membuat slime dengan lem FOX yang sudah saya jelaskan? Silakan dipraktikan di rumah dan bila ada kegagalan, baik itu slimenya terasa lengket atau slimenya tidak stratchy, silakan berkomentar untuk kita bahas bersama-sama di mana letak kesalahannya. Semoga bermanfaat!