Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

4 Cara Membuat Slime Tanpa Borax yang Mudah dan Sederhana

Bermain slime memang kini menjadi sebuah tren dalam dunia anak-anak kita. Namun, ternyata sebagai orang tua kita mesti waspada terkait keamanan dari slime yang mereka mainkan. Pasalnya, beberapa resep cara membuat slime yang bertebaran di internet sering kali mencantumkan borax sebagai salah satu bahan pembuatannya (slime activator). Padahal borax sendiri adalah salah satu bahan kimia yang tidak aman, terlebih jika sampai tertelan oleh anak-anak. Untuk itu, hal ini kita harus siasati dengan menyajikan slime yang aman dengan membuatnya sendiri dan mengatur supaya ia tidak terkontaminasi borax. Lalu bagaimana cara membuat slime tanpa borax yang mudah dan aman? Berikut ini kami telah mengulas beberapa resep yang mungkin bisa Anda coba!

Cara Membuat Slime Tanpa Borax

Pada prinsipnya, borax menjadi salah satu bahan yang berfungsi sebagai slime activator dalam proses pembuatan slime. Dengan penambahan borax, slime yang nantinya dihasilkan akan terasa kenyal, stratchy, dan tahan lama. Slime activator sendiri sebetulnya bukan hanya borax saja. Ada beberapa jenis slime activator yang tidak mengandung bahan berbahaya ini dan memiliki fungsi sama seperti borax. Beberapa di antaranya adalah obat tetes mata insto serta pewangi pakaian seperti yang bermerk Molto atau Downy.

Nah, penggunaan slime activator selain borax, dalam pembuatan slime juga harus memperhatikan tata cara yang benar supaya slime yang nantinya dihasilkan tetap berkualitas. Tata cara yang benar dalam pembuatan slime tanpa borax tersebut meliputi proses, resep, dan komposisi setiap bahan yang digunakan. Berikut ini cara membuat slime yang mudah tanpa borax tersebut telah saya urai satu per satu.

1. Membuat Slime Tanpa Borax dengan Lem Fox PVAC

Cara pertama adalah dengan membuat borax menggunakan bahan lem Fox. Pada proses pembuatannya, borax dapat digantikan dengan obat tetes mata Insto. Resep ini merupakan resep favorit saya karena nantinya slime yang dihasilkan terbilang sangat srtratchy dan kenyal tapi tidak lengket.

Untuk membuat slime dari lem Fox, kita membutuhkan beberapa bahan, di antaranya lem fox sebanyak 3 sdm, baking powder atau baking soda 1 sdm, obat tetes mata insto sebanyak 1 botol, sabun cair atau sabun cuci piring Sunlight ¼ sdm, baby oil, air bersih, dan bila perlu pewarna makanan.

Setelah semua bahan tersebut siap, kita bisa langsung mempraktikan cara membuat slime tanpa borax sebagaimana berikut:
  1. Campurkan lem Fox dan air dan aduk rata di dalam wadah kering, kemudian tambahkan baking powder dan aduk kembali.
  2. Masukan 8 tetes Insto, pewarna makanan sesuai selera, dan sabun Sun Light ke dalam adonan, aduk kembali hingga tercampur rata.
  3. Tekan adonan, bila dirasa sudah cukup kenyal, tambahkan baby oil sambil terus diaduk.
  4. Slime pun siap dimainkan atau disimpan dulu di dalam wadah.

2. Membuat Slime Tanpa Borax dengan Lem UHU

Jika membuat slime tanpa borax dari bahan lem FOX dirasa cukup sulit karena butuh banyak bahan, cara ini mungkin bisa menjadi solusinya. Ya, cara membuat slime tanpa borax dengan lem UHU terbilang lebih irit bahan. Kita hanya butuh 2 bahan saja, yaitu 1 buah lem UHU dan 10 sdm sabun cuci piring. Bila ingin slimenya berwarna, kita juga bisa tambahkan pewarna makanan.

Untuk langkah-langkahnya sendiri juga cukup mudah. Pertama masukan lem UHU, sabun cuci piring, dan pewarna makanan ke dalam wadah. Kemudian, aduk hingga lemnya mengental dan terpisah dari cairan sabun. Ambil slime dan peras menggunakan tisu atau kain kering. Slime pun jadi dan siap dimainkan.


3. Membuat Slime Tanpa Borax dengan Lem Povinal

Jika sulit mendapatkan lem UHU atau lem FOX, Anda bisa membuat slime tanpa borax dengan bahan lem povinal. Lem ini relatif lebih mudah didapat karena biasanya di toko ATK kita bisa menemukannya.

Bahan yang dibutuhkan dalam resep ini adalah lem povinal sebanyak 5 bungkus, baking powder 1 sdm, pewarna makanan, dan air. Sementara cara membuatnya yaitu: pertama, campurkan lem povinal dan baking powder dalam wadah dan aduk. Kemudian, tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk adonan hingga mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan. Jika kekentalan sudah tercapai, tutup adonan dan biarkan 30 menit hingga mengembang. Slime pun jadi dan siap digunakan.

4. Membuat Slime Tanpa Borax dengan Sabun

Di rumah tidak ada lem dan Anda malas keluar untuk membelinya? Tenang, Anda masih bisa membuat slime tanpa borax hanya dengan bermodalkan sabun. Cara ini saya temukan dari hasil coba-coba tapi hasilnya cukup memuaskan.

Langkah-langkah dan cara membuat slime tanpa borax ini cukup sederhana. Pertama, siapkan sabun (bisa sabun apa saja yang penting cair), terigu, deterjen, dan pewarna makanan, serta mangkuk. Kemudian, masukan 1 gelas deterjen, 6 sdm sabun cair, dan 4 sdt terigu. Aduk adonan tersebut hingga rata dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus mengaduknya. Setelah diperoleh kekentalan yang diinginkan, tambahkan pewarna makanan jika ingin slime yang dihasilkan lebih menarik. Aduk hingga rata, tutup slime dan simpan adonan selama 15 menit dalam kulkas. Slime pun siap dimainkan.

Nah, itulah beberapa cara membuat slime tanpa borax yang dapat Anda terapkan di rumah untuk anak Anda. Cukup mudah dan gampang bukan? Slime tanpa borax relatif lebih aman dimainkan, terutama bagi anak-anak yang masih balita. Semoga bermanfaat!