Halo !!! Saya Melly, ini adalah blog tentang cara membuat slime dengan mudah dari beberapa bahan!

Cara Membuat Slime Dengan Lem Uhu + Trik Agar Tidak Lengket

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat slime. Salah satu yang populer adalah cara membuat slime dengan bahan dasar lem kertas atau lem kayu. Untuk membuat slime sendiri, kita bisa menggunakan lem dari jenis yang beragam. Selain dapat menggunakan lem povinol dan lem Fox yang caranya sudah dibahas di artikel sebelumnya, slime juga bisa dibuat dari bahan lem UHU. Apakah itu lem UHU? Dimana kita bisa membelinya? Bagaimana cara membuat slime dengan lem UHU yang mudah tanpa penggunaan borax? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pembahasan kami berikut ini!

Cara Membuat Slime Dengan Lem Uhu

Lem UHU adalah sebuah merk lem yang diproduksi oleh sebuah perusahaan lem Jerman, UHU GmbH & CO. KG yang biasanya dikemas dalam wadah kuning. Lem ini bisa merekatkan beragam jenis material karena sifatnya yang lengket kuat. Lem UHU terakhir kali juga ramai digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan slime yang dikenal cukup berkualitas.Slime yang dibuat dari lem ini punya tingkat kekenyalan tinggi dan bebas dari lengket. Bagi Anda yang ingin memiliki slime bening, lem ini juga bisa menjadi salah satu solusinya.

Membuat Slime Dengan Lem Uhu Tanpa GOM

Untuk cara membuat slime dengan lem UHU sendiri sebetulnya tidak terlalu sulit. Bahan yang dibutuhkan dalam prosesnya juga tidak terlalu banyak seperti cara membuat slime dengan lem povinal atau lem Fox. Bahan tersebut antara lain 1 buah lem UHU, sabun pencuci piring merk Sun Light atau Mama Lemon, dan pewarna makanan bila perlu.

Setelah semua bahan tersebut siap, kita bisa langsung mempraktikan cara membuat slime dengan lem UHU dengan menyediakan alat-alatnya, yaitu wadah mangkok plastik, toples, dan sendok.

Tahap pertama, siapkan mangkok plastik kecil lalu masukan lem UHU sebanyak 1 bungkus, sabun pencuci piring 10 sendok, dan ¼ sendok pewarna makanan. Dalam hal ini, jumlah pewarna makanan sebetulnya relatif, tergantung seperti apa warna slime yang kita inginkan.


Selanjutnya, aduk semua bahan tersebut hingga lem mengental dan menyisakan cairan sisa sabun pencuci piring. Cairan sisa sabun ini akan memisahkan diri dari lem karena jumlahnya tidak semua terserap ke dalam lem.

Jika lem sudah mengental, ambil adonan tersebut dan peras menggunakan kain kasa atau tisu kering. Pemerasan dilakukan supaya sisa sabun bisa hilang dan tidak membuat lengket atau basah slime yang dihasilkan.

Terakhir, slime bisa langsung dimainkan atau jika hendak disimpan dahulu, simpanlah ia dalam wadah toples yang kering dan tertutup rapat. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga tekstur slime agar tidak mengeras.

Tips Membuat Slime dengan Lem UHU

Cara membuat slime dengan lem UHU di atas dibuat tanpa menggunakan slime activator yang dinilai cukup berisiko bagi anak-anak. Oleh karenanya, slime yang dihasilkan kerap memiliki tekstur yang lengket dan kurang kenyal.

Nah, bagi Anda yang ingin slime dengan kualitas terbaik. Saya sarankan Anda untuk menambahkan GOM atau obat tetes mata merk Insto atau Rohto ke dalam adonan. Selain itu, jika masih lengket, Anda juga bisa menambahkan lagi minyak bayi (baby oil) ke dalamnya.

Nah, demikianlah beberapa cara membuat slime dengan lem UHU yang mudah dan sederhana. Saya sudah melakukan cara ini berulang-ulang dan hasil slimenya relatif lebih baik dibandingkan slime yang dibuat dari bahan lem lainnya. Semoga bermanfaat dan Anda pun bisa sukses membuat slime bening yang kenyal dan bebas lengket. Salam.